Makanan Untuk Menyembuhkan Osteoporosis

Makanan Untuk Menyembuhkan Osteoporosis .- Mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium adalah salah satu cara yang baik untuk mencegah terjadinya penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang. Simak pembahasannya berikut ini..

Makanan Untuk Menyembuhkan OsteoporosisOsteoporosis atau pengeroposan tulang adalah dimana kurangnya kepadatan tulang dan akibat minimnya kalsium yang ada di dalam tubuh. Maka dari itu tulang menjadi mudah rapuh, kurang padat, serta mudah patah.

Pengeroposan tulang biasanya terjadi pada tulang belakang, pinggul, dan pergelangan tangan.

Osteoporosis ini bisa disebabkan karena akibat pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Oleh karena itu, sangat penting bagi anda sebagai penderita untuk mengontrol pola makan serta menerapkan gaya hidup sehat.

Selain itu juga, anda perlu tahu apa saja makanan untuk menyembuhkan osteoporosis. Karena jaman sekarang banyak makanan yang tidak sehat dikonsumsi tubuh.

Makanan Untuk Menyembuhkan Osteoporosis

Untuk mencegah pengeroposan tulang, anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan baik dan sehat. Dimana jika anda mengonsumsi makanan yang salah, pengeroposan tulang juga akan semakin parah.

Berikut ini adalah makanan untuk menyembuhkan osteoporosis, diantaranya :

1. Kacang

Kacang merupakan makanan yang sangat kaya akan kalsium, magnesium, mangan, dan fosfor. Maka dari itu jangan masalah untuk mengonsumsi kacang, karena kacang termasuk makanan untuk menyembuhkan osteoporosis.

2. Kurma

Kurma juga termasuk makanan untuk menyembuhkan osteoporosis. Dimana kurma memiliki kandungan kalsium dan magnesium yang baik untuk kepadatan tulang.

3. Telur

Telur tidak hanya mengandung protein, namun telur juga mengandung kalium, vitamin B6, vitamin B12, dan folat. Maka dari itu telur dijadikan salah satu makanan untuk menyembukan osteoporosis.

4. Sayuran

Sayuran yang berwarna gelap seperti brokoli, selada air, dan bok choy sangat diperlukan oleh penderita osteoporosis. Karena sayuran-sayuran tersebut mengandung kalsium yang tinggi.

5. Ikan

Ikan tuna, salmon, dan sarden sangat bagus untuk dikonsumsi penderita osteoporosis, dimana ikan tersebut memiliki kandungan mineral yang tinggi. Dan ikan yang mengandung omega 3 juga sangat bagus untuk membantu kesehatan tulang serta bisa mencegah nyeri sendi rematik.

6. Susu

Pada wanita yang sudah mamasuki masa menopause, dianjurkan untuk mengonsumsi susu. Selain itu, produk susu seperti, yogurt, keju juga bisa membantu penderita osteoporosis. Susu dan produk susus ini memiliki kandungan kalsium tinggi dan rendah lemak jadi bagus untuk menyehatkan dan memperkuat tulang.

7. Sereal

Sereal merupakan makanan yang kaya akan serat dan sangat bagus untuk tubuh. Dimana kandungan serat ini sangat dibutuhkan untuk membatu proses pencernaan di dalam tubuh kita. Bukan hanya itu, sereal juga dikenal sebagai sumber mineral dan magnesium yang baik bagi tulang.

8. Buah-buahan

Mungkin anda juga tahu bahwa buah-buahan memiliki variasi vitamin yang bagus untuk menjaga kesehatan tulang. Dan buah-buahan yang mengandung vitamin C baik untuk menjaga kesehatan tulang, seperti jeruk, apel, jambu dan strawberry. Buah-buahan tersebutlah yang dinajurkan untuk penderita osteoporosis.

Itulah beberapa makanan untuk menyembuhkan osteoporosis. Selain mengonsumsi makanan yang sehat, penderita osteoporosis juga dianjurkan untuk rutin berolahraga supaya tulang menjadi sehat dan tidak mudah keropos.

Demikian artikel pembahasan tentang makanan osteoporosis ini, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda yang ingin mengetahui seputar penyakit osteoporosis. Jangan lupa untuk dishare

 

Lekas Sembuh dan Salam Sehat
=========

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *